WADUK KARIAN DONGKRAK EKONOMI WARGA

Selasa, 2 April 2013 10:10:24 - oleh : admin

Lebak - Proyek Waduk Karian dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi warga Kabupaten Lebak karena bisa mendatangkan investor juga menyerap lapangan pekerjaan tenaga lokal.
"Kita sangat mendukung rencana pembangunan Waduk Karian itu," kata Kepala Bidang Investasi dan Penanaman Modal Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lebak Agianto Ahmad Tahir di Rangkasbitung, Senin.
Ia mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi terhadap Gubernur Banten yang bekerja keras untuk merealisasikan pembangunan Waduk Karian di Kabupaten Lebak.
Pembangunan Waduk tersebut tentu berdampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi masyarakat.
Selain banyak para investor yang ingin berinvestasi di Kabupaten Lebak juga akan tumbuh pelaku-pelaku usaha masyarakat.
Dengan demikian, ujar dia, tentu bisa menyerap ribuan tenaga kerja lokal sehingga dapat mengatasi kemiskinan.
Kehadiran Waduk Karian juga dapat mengantisipasi bencana banjir karena banjir awal 2013 hingga merendam jalan Tol Merak-Jakarta.
Diperkirakan kerugian akibat banjir hingga puluhan miliar rupiah, sehingga pembangunan Waduk Karian sangat mendesak untuk direalisasikan.
Selain itu juga pembangunan Waduk Karian mendatangkan pendapatan asli daerah (PAD) cukup besar bagi pemerintah daerah.
Oleh karena itu, pihaknya mendesak Kementerian Pekerjaan Umum segera merealisasikan pembangunan Waduk Karian tahun 2013.
"Kami berharap pembangunan Waduk Karian bisa secepatnya guna meningkatkan pendapatan ekonomi warga Lebak," katanya.
Ia menjelaskan pemerintah daerah saat ini sudah membebaskan lahan pembangunan proyek Waduk Karian sekitar 41 persen atau 510 dari 2.100 hektare.
Namun, kata dia, hingga kini belum ada tindakan nyata realisasi pembangunan Waduk Karian dari Kementerian Pekerjaan Umum.
Proyek Waduk Karian yang menenggelamkan sebanyak 11 desa tentu manfaatnya cukup besar bagi pemerintah daerah maupun masyarakat.
Selain bisa memenuhi pasokan air baku ke daerah lain juga dapat mencegah bencana banjir.
Diperkirakan Waduk Karian ini berkapasitas 219 juta meter kubik dengan debit air sekitar 14,6 meter kubik dapat meningkatkan PAD.
Selain itu, kegiatan ekonomi masyarakat setempat meningkat dengan mengembangkan budidaya ikan tawar juga tumbuhnya warung-warung kecil.
"Kami berharap pemerintah segera membangun proyek Waduk Karian itu," katanya.
Menurut dia, apabila pembangunan Waduk Karian direalisasikan dipastikan bisa memenuhi kebutuhan air baku untuk perkotaan dan industri di kawasan Tangerang, Serang, dan Cilegon dengan kapasitas sebesar 9,1 meter kubik per detik.
Selain itu juga pasokan air baku untuk wilayah DKI Jakarta.
Pihaknya hingga kini terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang terkena proyek pembangunan Waduk Karian.
Selama ini pembebasan lahan Waduk berjalan lancar dan kondusif.
"Pada dasarnya masyarakat sangat mendukung kehadiran pembangunan Waduk Karian," katanya menambahkan.
Berdasarkan informasi dari Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum (PU) proses tender sudah dilakukan.
Proyek Waduk Karian senilai US$ 196 juta atau sekitar Rp 1,7 triliun segera direalisasikan tahun 2013 sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sumber ( Antara ) www.lebakkab.go.id | fb : Pemerintah Kabupaten Lebak | FansPage : www.facebook.com/PemkabLebak

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya