KECAMATAN BANJARSARI LAYAK DIMEKARKAN

Selasa, 24 Mei 2011 08:33:06 - oleh : admin

Pemekaran Kec. Banjarsari, Kab. Lebak dinilai sangat wajar jika dinilai dari segi luas wilayah, jumlah desa dan jumlah penduduk. Demikian diungkapkan Bupati Lebak, H. Mulyadi Jayabaya pada acara Kunjungan Kerja dalam rangka Peresmian Gedung Serbaguna, Peresmian hasil pembangunan PNPM Mandiri Perdesaan Tahun 2010 dan Peletakan Batu Pertama Pembangunan UPK di halaman Gedung Serbaguna Kec. Banjarsari, senin (23/5).

Kec. Banjarsari yang memiliki luas wilayah 13192 Ha terbagi dalam 20 desa dengan jumlah penduduk 29559 jiwa (berdasarkan sensus penduduk tahun 2010) memang sangat layak dimekarkan, hal ini terkait pembangunan wilayah kecamatan dan alokasi dana pembangunan di setiap desa. Seperti kita ketahui, PNPM Mandiri Perdesaan sendiri dengan alokasi tiga milyar per kecamatan harus dibagi ke tiap desa. Kedepan, Kec. Banjarsari akan dimekarkan menjadi dua kecamatan yaitu Kec. Banjarsari sebagai kecamatan induk dan Kec. Kertaraharja, Pemkab berharap PTPN VIII dapat memberikan sumbangsih berupa tanah untuk kelengkapan perangkat kecamatan seperti gedung kantor kecamatan dan lain-lain karena sebagian besar wilayah Kec. Banjarsari merupakan perkebunan kelapa sawit milik PTPN VIII.

 

Selanjutnya Bupati menyampaikan bahwa seluruh program pembangunan harus diawasi secara bersama-sama oleh seluruh elemen masyarakat, hal ini untuk meningkatkan partisipasi dan peran serta masyarakat terhadap pembangunan. Untuk itulah peran camat sangatlah penting dalam mensosialisasikan berbagai program pembangunan kepada masyarakat, seperti sosialisasi Perda Wajib Diniyah, Perda Wajib Zakat, maupun Perda Tentang Penyelenggaraan Pendidikan mencakup wajib belajar pendidikan dasar 12 tahun dan untuk siswa yang berasal dari keluarga tidak mampu tidak dipungut biaya samasekali.

 

Khusus bidang keagamaan yang telah berjalan dengan baik di Banjarsari,  Bupati berharap agar masyarakat terus meningkatkan kegiatan keagamaan, para tokoh ulama diharapkan dapat memberikan sosialisasi agar masyarakat tidak terpengaruh ajaran aliran sesat yang akhir-akhir ini sangat meresahkan. Untuk itulah perlu adanya komunikasi antara unsur MUI kecamatan dengan unsur MUI kabupaten.

 

Terpisah Camat Banjarsari, Pardi, S.Sos menyatakan bahwa masyarakat sangat menyambut baik rencana pemekaran wilayah Kecamatan Banjarsari tersebut, karena pada dasarnya hal tersebut menjadi kebutuhan mendesak, karena terlalu luasnya wilayah sehingga akan berpengaruh kepada program percepatan pembangunan dan tahun kualitas yang tengah digalakan Pemkab Lebak.

Di akhir acara Bupati berjanji akan mengalokasikan dana 100 juta rupiah untuk menyelesaikan pembangunan Gedung Serbaguna yang akan dianggarkan di APBD Perubahan. "insya Allah akan kami anggarkan di APBD perubahan."

 

Sumber : Humas Lebak

 

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya