MAN 1 Kembangkan Kewiraushaan

Selasa, 11 Juni 2013 16:01:21 - oleh : admin
WANASALAM - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Wanasalam Kabupaten Lebak, kembangkan pra karya dan kewirausahaan. Ini merupakan salah satu wujud aplikasi dari muatan lokal (Mulok) kurikukulum 2013 tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).
Wakasek kesiswaan SMAN 1 Wanasalam, Ajid, SE, mengatakan, kurikulum yang digunakan pihak sekolah merupakan penerapan kurikulum dari KTSP terdahulu, pada umumnya dalam muatan local keterampilan setiap sekolah mengambil program bahasa tambahan, tapi di SMAN 1 wanasalam sengaja memilih program prakarya dan kewirausahaan.
“Pengembangan prakarya dan kewirausahaan ini sebenarnya dilaksanakan sudah hmpir dua tahun, para pelajar di sekolah ini kita bina dengan keterampilan bercocok tanam multi holtikultura”katanya
Ajid mengungkapkan, sebelumnya program keterampilan yang diberikan kepada para pelajar SMAN 1 Wanasalam tentang budidaya tanaman hias. Namun seiring perkembangan jaman dan peminatnya berkurang, pihak sekolah kembali mengelolanya melalui program sekolah yaitu tanaman multi hotikultura berupa tanaman kayu sejenis jabon, jengjeng, mahoni, dan tanaman sawit.
“Alhamdulilah setelah kita ternyata berhasil, terbukti dalam dua tahun terkahir ini, pihak sekolah sudah punya pengasilan dapat menjual bibit kayu dan karet ke masyarakat luas,” katanya
Dikatakan Ajid, bahwa dalam pemberian pembekalaan ini, para siswa hanya diberikan waktu dua jam dalam seminggu, mencakup materi maupun praktek.
“Para siswa ternyata tertarik dan cukup antusias dalam melakanakannya,”tukasnya.
Sementara itu Kepala sekolah (Kepsek) SMAN 1 Wanasalam, Raden Supardan, Msi, kepada wartawan memaparkan, ikhwal dimulainya pembekalan berawal dari pertimbangan dengan melihat sisi ekonomis untuk bekal siswa kelak.
“Di Negara agraris seperti Indonesia ini dibutuhkan upaya untuk mempersiapkan generasi muda yang memiliki keterampilan diantaranya bercocok tanam, karena itu meski sekolah kami bukan sekolah kejuruan tidak ada salahnya jika kita mempersiapkan generasi muda yang mempunyai keterampilan dalam bercocok tanam,”tukasnya.
Guna memaksimalkan program tersebut, lanjut, Raden, kini pihak nya sudah menyiapkan lahan kurang lebih satu hektar, untuk praktek sekaligus bekal kewirausahaan para siswa.
“Mudah-mudahan dengan upaya yang kita lakukan ini para lulusan SMAN 1 Wanasalam memiliki bekal pengetahuan untuknya dimasa datang ketika kelak mereka (pelajar-red) sudah lulus meski tidak melanjutkan ke jenjang sekolah yang lebih tinggi.(SumberKB) www.lebakkab.go.id | fb : Pemerintah Kabupaten Lebak | FansPage : www.facebook.com/PemkabLebak

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya