Bupati Lebak, Tingkatkan Keswadayaan Masyarakat

Kamis, 30 Mei 2013 15:49:42 - oleh : admin
CURUGBITUNG - Bupati Lebak H Mulyadi Jayabaya meminta masyarakat dapat terus meningkatkan keswadayaan dan kegotong royongan dalam membangun desa untuk mendorong percepatan pembangunan.
”Selama ini tingkat partisipasi masyarakat dalam keswadayaan gotongroyong cukup tinggi itu terbukti dengan adanya berbagai pembangunan desa seperti pembangunan jalan, madrasah diniyah awaliyah, posyandu dan PNPM mandiri pedesaan, gedung serbaguna” kata Bupati Jayabaya pada acara kegiatan bulan bakti gotong royong masyarakat (BBGRM) di kampung Cidadap, Desa Cipining, Curugbitung, kemarin.
Menurut Bupati, semangat kegotong royongan hendaknya dapat terus dibudayakan dan dipertahankan agar dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu, melalui keswadayaan masyarakat diharapkan perenomian masyarakat dapat terus tumbuh dan berkembang dalam rangka mendukung percepatan pembangunan di wilayah pedesaan.
“Selain melalui kesawadayaan masyarakat dalam membangun jalan juga memiliki peranan penting karena dengan adanya jalan yang layak dapat membuka akses transportasi dan akses ekonomi masyarakat,”ujarnya.
Pada bagian lain bupati juga mengingatkan, seluruh camat untuk mengontrol dan mengawasi pengembalian dana simpan pinjam peremupaun (SPP) yang digulirkan melalui PNPM agar dapat mengembalikan 100 persen, untuk mencegah terjadinya praktik rentenir, mengingat bunga PNPM relatif rendah dibandingkan rentenir.
“Apabila pengembalian SPP dibawah 70 persen akan dikenakan sangsi berupa pengurangan dana bantuan SPP-PNPM, tetapi kalau tingkat pengembalian 100 persen akan mendapat bantuan tambahan sebesar Rp 50 juta,”ujarnya.
Bupati mencontohkan, salah satu pengembalian SPP tidak sesuai harapan seperti di kecamatan Cibadak hendaknya jangan sampai terulang lagi di kecamatan lainnya.
Sementara itu Camat Curugbitung, Sukanta, mengatakan, tahun 2012program PNPM di daerah setempat berjalan baik dan lancer seperti pembangunan madrasah di desa Cidadap, Poskesdes Cidadap, pembangunan jalan desa Cipongkok Ciburuy, pembangunan rabat beton di desa Mayak.
“Semua pembangunan melibatkan masyarakat. Hal itu menunjukan keswadayaan masyarakat sudah tumbuh dengan baik begitupun partisipasi masyarakat dalam keterlibatan program PNPM ini sudah cukup baik,”ujarnya.
Ketua unit pelaksanaan kegiatan (UPK) PNPM Kecamatan Curugbitung, Urif, mengatakan tahun 2013 memeroleh bantuan program yaitu Rp 1 Miliar dari PNPM dan 1 miliar dari gerbang ratu provinsi Banten.
”Dengan adanya bantuan program PNPM dan Gerbang Ratu ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat perekonomian masyarakat desa,” ujarnya. (SumberKB) www.lebakkab.go.id | fb : Pemerintah Kabupaten Lebak | FansPage : www.facebook.com/PemkabLebak

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya