Jelang Pemilukada, Pemkab Siapkan 4000 Personil Linmas

Selasa, 9 April 2013 09:58:29 - oleh : admin
RANGKASBITUNG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak melalui Kantor Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Kabupaten Lebak menyiapkan empat ribu personel Perlindungan masyarakat (Linmas). Para petugas Linmas itu akan disebar ke seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS).
Penyiapan anggota hingga ribuan itu dimaksudkan untuk membantu pengamanan Pemilihan kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Lebak yang akan digelar pada tanggal 31 Agustus 2013 mendatang.
Kepala Kesbangpolinmas Lebak, Alkadri, mengatakan, personil Linmas itu akan disebar ke seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di masing-masing desa yaitu ditiap Panitia Pemungutan Suara (PPS) maupun Petugas Pemilihan Kecamatan (PPK). Tiap PPS itu akan diisi dua anggota Linmas
"Langkah ini akan mempermudah membaca situasi sumber konflik dalam pelaksanaan Pilkada," kata Alkadri.
Alkadri menjelaskan, para anggota Linmas ini nantinya akan mendapatkan pembekalan tentang tata cara pengamanan pelaksanaan Pilkada yang baik dan benar.
“Nantinya selain bertugas turut, mengamankan jalannya pesta demokrasi lima tahunan itu, para anggota Linmas juga diminta untuk mengantisipasi secara dini berbagai kemungkinan kerawanan yang akan terjadi dalam Pilkada Lebak mendatang. Mereka akan melakukan pengamanan Pilkada sejak sebelum pelaksanaan, saat pelaksanaan dan pasca dilakukannya pemilihan,”ujarnya.
Akadri menyatakan, untuk persiapannya sudah telah dilakukan dari sekarang bahkan pendanaan data personil linmas yang akan ditempatkan sudah lengkap. Menurutnya saat ini tinggal persiapan pembinaan dan pembekalan.
“Alokasi anggaran untuk honor juga telah ada. Pendanaan dari APBD Kabupaten sebesar Rp390 juta. Data-data siapa saja petugas Linmas yang akan turun juga telah siap,”jelasnya.
Sementara itu seorang anggota Linmas di Kecamatan Kalanganyar, Ajid, berharap, pada pelaksanaan pilkada Lebak tahun 2013 berjalan aman dan lancar. Namun demikian, Ajid berharap, anggota Linmas lebih mendapat perthatian dari unsure kecamatan. Sebab, tugas anggota Linmas dalam membantu kelancaran pilkada juga tidak kalah pentingnya dengan aparatur petugas lainnya.(Sumber KB) www.lebakkab.go.id | fb : Pemerintah Kabupaten Lebak | FansPage : www.facebook.com/PemkabLebak

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya