Bupati Serukan Lestarikan Hutan dan Lahan

Selasa, 27 November 2012 09:42:18 - oleh : admin
RANGKASBITUNG-Kondisi hutan dan lahan kritis di Kabupaten Lebak yang mencapai 16 ribu hektare mendapat perhatian serius Bupati Lebak Mulyadi Jayabaya (JB).
Bupati JB meyerukan hutan dan lahan yang ada di Lebak, terutama daerah aliran sungai (DAS) dan sub DAS harus mendapat perhatian serius dari berbagai pihak terutama faktor pelestariannya, sehingga dengan adanya pengelolaan hutan secara baik dan benar kondisi hutan yang ada di Lebak akan senantiasa terjaga dengan baik. “Guna me­lestarikan wilayah konservasi dan daerah resapan air terutama pada daerah hulu sungai DAS dan Sub DAS harus mendapat perhatian dari semua pihak. Karena itu masyarakat perlu menyadari pen­tingnya menjaga, memelihara, dan memperbaiki ling­kungan fisik hutan dan lahan,” ujar Bupati usai menghadiri program One Billion Indonesia Trees (OBIT) atau program penanaman satu miliar po­hon tingkat Kabupaten Lebak yang dipusatkan di blok hu
tan larangan Kampung Cokel, Kecamatan Le­bakgedong, Senin (26/11).
Pada penanamanan tersebut Pemkab melalui Dishutbun menargetkan penanaman sebanyak 6,1 juta pohon di seluruh wilayah Lebak. JB menge­mukakan, wilayah Lebak merupakan daerah terluas yang terdapat lahan kritis di Banten yang mencapai sekitar 12 ribu Ha yang terdiri atas hutan produksi Perhutani, hutan konservasi, dan hutan lindung. “Wujud perbaikan lingkungan merupakan langkah pen­ting dalam upaya penanggulangan bencana alam banjir, tanah longsor dan kekeringan secara ter­padu. Dan untuk memacu hal itu Pemkab terus ber­upaya menggiatkan berbagai langkah seperti mem­berikan pelatihan konservasi lahan dan hutan dengan menyertakan para petani,” imbuhnya.
Sementara itu Kepala Dishutbun Le­bak Sofyan me­ngatakan, sepanjang tahun 2012 ini pihaknya telah menanam sebanyak 2 juta bibit tanaman te­lah di sebar kepada masya­rakat dari target se­ba­nyak 6,1 juta pohon. Adapun po­hon bibit yang di sebar di antaranya mangga, du­rian, albasiah, jengjeng, serta Sengon. “Pem­berian bibit pohon secara gratis yang dilakukan se­cara bertahap kepada masyarakat ter­sebut me­rupakan bantuan dari Pemerintah pu­sat me­lalui Kementrain Kehutanan,” terangnya.
Dikatakan Sofyan, tujuan dari program pe­na­naman ribuan bibit pohon itu antara lain untuk pelestarian sumber daya hutan dan lahan, men­cegah kerusakan hutan dan untuk rehabilitasi hu­tan dan lahan. “Program penanaman 6,1 juta po­hon ini juga ditunjang dari kebun bibit rakyat, APBD, swadaya masyarakat, dan peran serta sta­keholder. Dengan dukungan dari berbagai pihak ini target 6,1 juta pohon dapat terwujud,” im­buhnya. (RadarBanten) lebakkab | fb : Pemerintah Kabupaten Lebak | Twitter : Pemkab Lebak

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya