PENUMPANG KA NAIK 20 PERSEN

Sabtu, 27 Oktober 2012 12:42:54 - oleh : admin

LEBAK - Meski pada H-1 Hari Raya Iduladha, di Stasiun Kereta Api (KA ) Rangkasbitung terjadi lonjakan penumpang sekitar 20 persen. Namun tidak berpengaruh pada kepadatan arus lalu lintas disejumlah jalur jalan di wilayah Lebak Selatan (Baksel) Kabupaten Lebak.
Sejak H-1 hingga hari H Iduladha, arus lalu lintas baik kendaraan roda dua maupun roda empat disejumlah jalur terpantau normal. Begitu juga dengan arus lalu lintas kendaraan angkutan umum (angkum) terpantau tidak ada penambahan waktu keberangkatan untuk mengangkut penumpang seperti hal nya terjadi pada Hari Raya Idulfitri beberapa waktu lalu.
Menurut pantauan, memasuki libur panjang lebaran Iduladha atau pada H-1 keramaian di Stasiun Rangkasbitung terlihat mengalami peningkatan. Namun adanya lonjakan penumpang yang cukup lumayan di stasiun tersebut dapat diantisipasi. Umumnya para penumpang yang memanfaatkan jasa angkutan massal kereta itu mengisi liburan panjang lebaran Iduladha. Mereka sengaja berlibur ke daerah Jakarta.
Tampak para penumpang antara yang mau turun dan naik saling berdesakan. Bahkan sebagian penumpang terlihat nekat naik melalui jendela kereta.
“Saya hendak ke Jakarta untuk mengunjungi saudara karena besok kan Hari Raya Iduladha. Dipilihnya kereta sebagai sarana untuk saya bepergian karena selain tidak terjebak macet juga ongkosnya lebih murah,”ujar salah seorang calon penumpang, Titin.
Wakil Kepala Stasiun Rangkasbitung, Sahlan kepada wartawan, mengungkapkan, pada hari ini (Kamis-red) akan terjadi lonjakan penumpang sekitar 20 persen dari hari biasanya yang rata-ratanya setiap hari berkisar sekitar 1.000 penumpang.
Sahlan mengatakan, lonjakan penumpang sekitar 20 persen pada H-1 libur panjang Iduladha ini dapat teratasi melalui antisipasi yang telah dilakukan sehingga pihaknya tidak menambah rangkaian maupun menambah jadwal keberangkatan.
“Alhamdulilah semua berjalan lancar, penumpang dapat terlayani,”tukasnya.
Sementara itu, disejumlah jalur jalan diwilayah Lebak Selatan (Baksel) dari arah Malingping-Bayah tampak lengang. Tidak ada peningkatan arus lalu lintas yang berarti yang akan mengganggu kelancaran lalu lintas. Begitu juga disejumlah jalur menuju sejumlah objek wisata diwilayah Baksel yang biasanya ramai dipadati kendaraan baik roda dua atau roda empat maupun angkum, pada H-1 hingga perayaan Iduladha terlihat lancar.
“Hingga sekarang belum terlihat adanya peningkatan arus lalu lintas yang berarti, situasi terpantau aman dan terkendali,”ujar Kanit Lantas Polsek Malingping, Ipda Aan Suhanda, S.IP saat dihubungi Kabar Banten melalui sambungan telepon genggamnya.
Namun demikian, lanjut Ipda Aan, sebagai upaya antisipasi dan peningkatan pelayanan kepada masyarakat atas instruksi pimpinannya pihaknya akan tetap menempatkan sejumlah personel polisi di posko penjagaan yang pada hari ini telah selesai didirikan.(KabarBanten)

kirim ke teman | versi cetak

Berita "Berita Terkini" Lainnya